Rabu (12/07/2022), Mulyadi, S.T., M.T. selaku Ketua Jurusan Teknik Komputer UBT dan Rika Wahyuni, S.T., M.T. selaku Kepala Laboratorium Sistem Digital datang berkunjung ke Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya di malang dalam rangka melakukan sharing session dengan Barlian Henryranu Prasetio, S.T., M.T., Ph.D. selaku Ketua Prodi Sarjana Teknik Komputer UB. Adapun di momen sharing session ini, masing-masing saling berbagi pengalaman dalam mengelola prodi di lembaganya masing-masing. Yang mana Ketua Jurusan Teknik Komputer UBT memaparkan bahwa Jurusan Teknik Komputer UBT baru memiliki 1 prodi yaitu prodi Sarjana Teknik Komputer yang merupakan prodi baru yang ada di UBT dengan kurikulum dan fasilitas yang cukup memadai. Sedangkan Ketua Prodi Sarjana Teknik Komputer UB memaparkan tentang prodinya yang matang karena telah berdiri sejak 2011 sebagai sebuah keminatan dari Prodi Teknik Informatika hingga 2016 menjadi prodi tersendiri dengan segala kelengkapan kurikulum, fasilitas, mahasiswa dan alumninya.

Ada hal menarik yang menjadi catatan bahwa secara kelembagaan prodi Sarjana Teknik Komputer UB berbeda dengan Sarjana Teknik Komputer UBT. Jika prodi Sarjana Teknik Komputer UBT berada di bawah departemen/jurusan Teknik Komputer, Fakultas Teknik, UBT, sedangkan untuk prodi Sarjana Teknik Komputer UB berada di bawah Departemen Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, UB.  Yang mana Departemen Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, UB juga membawahi program studi Sarjana Teknik Informatika dan program studi Magister Ilmu Komputer.

Lebih lanjut dalam momen sharing session ini juga dilakukan penjajakan kerjasama bidang Tri Dharma antara program studi Sarjana Teknik Komputer UBT dengan prodi Sarjana Teknik Komputer UB, termasuk berbagi pengalaman terkait kurikulum dan pengelolaan laboratorium yang selama ini dilakukan oleh prodi Sarjana Teknik Komputer UB.  Dalam hal pengelolaan laboratorium, Ketua Prodi Sarjana Teknik Komputer UB menekankan pentingnya laboratorium selain memiliki fasilitas yang lengkap juga wajib memiliki kerjasama dengan partner Industri. Ini dilakukan agar laboratorium dapat menjadi lebih mandiri dan terbuka tidak hanya sebagai ruangan praktikum akademik tetapi juga mampu menjadi jembatan mahasiswa memahami praktik kerja yang real itu seperti apa di dunia industri. Termasuk dibuka untuk umum bagi yang ingin mengambil sertifikat Internasional IT dapat melalui lab kita ini, imbuhnya.

Terakhir Kajur dan Kalab Teknik Komputer UBT diajak berkeliling untuk melihat suasana akademik yang ada di Filkom UB, khususnya program studi Sarjana Teknik Komputer UB.

Alat Detektor Suhu berbasis Citra Wajah yang ditempatkan di Pintu Masuk FILKOM UB

 

Gerbang Utama FILKOM UB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + nineteen =