Selasa, 12 Juli 2022, Jurusan Teknik Komputer bekerja sama dengan Kelompok KKN 47 Universitas Borneo Tarakan melaksanakan kegiatan pengabdian di Desa Kelubir yang mengambil tema: “Workshop Pengelolaan Website Desa Sebagai Layanan Informasi dan Promosi Potensi Desa”. Hadir sebagai narasumber yang sekaligus Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Kelompok KKN 47 adalah Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom.

Narasumber berfoto bersama mahasiswa KKN Kelompok 47

Acara dilaksanakan di gedung serbaguna pemerintahan Desa Kelubir yang dihadiri oleh Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat/Adat, Ibu-ibu PKK, Bapak/Ibu RT/RW, Babinsa, dan perwakilan masyarakat. Dalam acara ini diperkenalkan website Desa Kelubir yang dibuat oleh Tim Pengembang Jurusan Teknik Komputer UBT dengan alamat domain di: desakelubir.com. Dalam kesempatan ini, narasumber menjelaskan pentingnya website desa sebagai sarana untuk memberikan layanan informasi dan promosi potensi desa. Selanjutnya, beliau memperlihatkan tampilan web dengan beberapa informasi yang sudah dimasukkan ke dalam website, sekaligus memberikan contoh bagaimana memasukkan postingan ke dalam website. Pada peserta terlihat antusias menyimak materi yang diberikan, terlebih saat mereka diberikan kesempatan untuk memasukkan contoh promosi produk mereka ke dalam website.

                  

Saat workshop berlangsung

Dengan adanya website yang telah dibuat, besar harapan desa agar semakin membuat desa menjadi cepat dan terdepan dalam memberikan informasi, berita dan pengumuman terkini seputar desa kepada warga desa maupun kepada masyarakat internet. Selama ini informasi desa lambat diketahui masyarakatnya, karena belum ada web, sehingga informasi masih disampaikan dari mulut ke mulut. Selain itu, dengan adanya website desa, desa dapat melakukan banyak sekali promosi dengan menampilkan potensi alam dan UMKM desa kepada dunia luar secara gratis, sehingga ini tentu turut membantu meningkatkan wisatawan yang akan datang berkunjung untuk menikmati alam desa dan membeli produk-produk khas Desa Kelubir.

Sesi foto bersama peserta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 3 =