Pada tahun 2022, Fakultas Teknik Universitas Borneo Tarakan melalui Jurusan Teknik Komputer UBT dipercaya menjadi host tingkat nasional untuk 2 tema pelatihan, yaitu: Microsoft Azure for Beginner (Azure Fundamentals + Data Fundamentals + AI Fundamentals) dan Database Design & Database Programming with SQL FGA-DTS batch ke-3 yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Oracle Academy.

Sesi pelatihan Microsoft Azure for Beginner bersama Awang Pradana, S.Kom., M.Kom.

Yang menjadi instruktur dalam 2 pelatihan ini adalah 3 orang Dosen Teknik Komputer, yaitu: Rudy, S.T., M.T. dan Awang Pradana, S.Kom., M.Kom. yang menjadi instruktur Microsoft Azure for Beginner dan Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom. yang menjadi instruktur Database Design & Database Programming with SQLSetelah sebelumnya, para instruktur telah mengikuti ToT untuk tema tersebut terlebih dahulu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kegiatan ini telah diikuti oleh sebanyak 49 fresh graduate ataupun mahasiswa tingkat akhir program studi bidang sains dan komputer dari berbagai universitas dan politeknik di wilayah Timur Indonesia yang saat ini telah memasuki minggu ke-3.

Sesi pelatihan Database Design & Programming with SQL bersama Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom.

Insyaallah tahun depan, mahasiswa Jurusan Teknik Komputer bisa ambil bagian untuk mengikuti pelatihan ini, karena sudah masuk semester ke-5. Benefit dari pelatihan ini adalah akan mendapatkan Certificate of Completion tingkat Nasional dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dan akan mendapatkan kesempatan secara gratis untuk mengikuti tes kompetensi untuk mendapatkan sertifikat internasional yang dikeluarkan langsung oleh Microsoft dan Oracle Academy. Tentu sertifikat ini menjadi berguna sekali sebagai bukti pengalaman pelatihan yang diakui secara internasional dan dapat menjadi pendamping ijazah dalam melamar kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =