Rabu, 07 September 2022 bertempat di SMKN 2 Tarakan dilaksanakan kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Ke-30 Tingkat Provinsi Kaltara, bersama dengan 3 sekolah lain yaitu SMKN 1 Tarakan, SMKN 3 Tarakan, dan SMKS Kesehatan Kaltara. Ada banyak lomba yang dipertandingkan baik itu di bidang listrik, mesin, otomotif, arsitektur, fashion, boga, perikanan, pertanian, dan bidang IT.

Technical Meeting Lomba LKS SMK Tahun 2022 Provinsi Kaltara

Salah satu dari sekian banyak lomba yang dipertandingkan adalah lomba IT Network System Administration. Khusus lomba IT Network System Administration diikuti 3 perwakilan sekolah yang memiliki bidang keahlian teknik komputer dan jaringan di wilayah Kaltara, yaitu SMKN 2 Tarakan, SMKS Mutiara Bangsa Sebatik, dan SMKN 1 Nunukan. Dimana yang dipercaya oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kaltara sebagai juri untuk lomba ini adalah dua Dosen Teknik Komputer yaitu Rudy, S.T., M.T. dan Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom.

Acara Pembukaan

Kegiatan lomba dilaksanakan mulai pukul 08.00 dengan 15 menit awal berupa pengarahan yang dilaksanakan oleh dewan juri kepada para peserta. Kemudian, peserta melanjutkan dengan mengerjakan studi kasus sebanyak 3 soal yang dikerjakan dimulai pukul 08.15 s.d 12.00 dan berlanjut lagi di pukul 13.00 s.d 15.00. Soal terdiri dari 3 bagian utama, yaitu desain dan analisis subnetting jaringan; implementasi rancang bangun routing dan server melalui virtual machine pada 2 komputer yang terhubung; dan implementasi  rancang bangun router, web server, ftp server, dan mail server pada ruang simulasi packet tracer.

Selama lomba berlangsung, tampak para peserta antusias menyelesaikan studi kasus dengan baik agar dapat menjadi juara pertama di lomba LKS tahun ini. Setelah pukul 15.00, para peserta diminta menghentikan aktivitas penyelesaian studi kasus untuk kemudian dilanjutkan dengan penilaian dewan juri ke setiap peserta. Dari hasil penjurian, diperoleh skor untuk masing-masing peserta.  Skor tertinggi jatuh kepada SMKN 2 Tarakan dan berhak menjadi juara pertama.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − 2 =