Selama tiga hari, yaitu pada hari Selasa (30/8/2022), Kamis (1/9/2022) dan Jum’at (2/9/2022) telah¬† dilaksanakan audit mutu internal (disingkat: AMI) Prodi S1 Teknik Komputer UBT oleh Dr. Shinta Wulandari, S.Si., M.Pd. (Dosen Jurusan Matematika UBT) selaku Auditor Ketua dan Rita Kumala Sari, M.Pd. (Dosen Jurusan Bahasa Indonesia UBT) selaku Auditor Anggota. Para auditor selama tiga hari datang berkunjung ke Prodi S1 Teknik Komputer dalam rangka visitasi sebagai bagian dari serangkaian kegiatan audit mutu internal LPPPM yang dilaksanakan. Hadir sebagai Auditi dari pihak prodi S1 Teknik Komputer adalah Mulyadi, S.T., M.T. selaku Ketua Jurusan Teknik Komputer dan Wakil Auditi adalah Sekretaris Jurusan Teknik Komputer, Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom., serta turut hadir pula GPM (Gugus Penjaminan Mutu) di tingkat Jurusan Teknik Komputer, Awang Pradana, S.Kom., M.Kom. beserta Rika Wahyuni Arsianti, S.T., M.T. selaku Kepala Laboratorium di Jurusan Teknik Komputer.

Audit Mutu Internal Hari Pertama

Selama tiga hari ini para auditor melakukan konfirmasi isian peta analisis untuk 29 standar mutu audit yang telah diisi Prodi S1 Teknik Komputer beserta dokumen kelengkapannya. Pada kesempatan ini, para Auditor mengecek sekaligus melakukan konfirmasi terhadap kelengkapan dokumen seperti Kurikulum, RPS, Tri Dharma Dosen, EPBM, Evaluasi Studi Mahasiswa, Kartu Kendali, Absensi, Sarpras, dsb. Dalam hal ini, para auditor merasa senang karena Prodi S1 Teknik Komputer cukup siap untuk diaudit, karena hampir sebagian besar dokumen yang diminta, ada dan telah disiapkan dengan baik. Meskipun ada beberapa dokumen di beberapa standar yang tidak bisa disiapkan karena Prodi S1 Teknik Komputer merupakan prodi baru yang belum ada mahasiswa tingkat akhir dan belum ada lulusan.

Audit Mutu Internal Hari Kedua

Ada beberapa catatan Auditor yang menjadi kelebihan Prodi S1 Teknik Komputer:

  1. Kurikulum dan RPS Teknik Komputer telah lengkap dari semester 1 s.d 8 yang terdiri dari RPS MKWU (Matakuliah Wajib Umum), RPS MWPS (Matakuliah Wajib Program Studi), dan RPS MPPS (Matakuliah Pilihan Program Studi) bertandatangan Kajur dan GPM, meskipun untuk angkatan mahasiswa sendiri baru sampai di semester 3.
  2. Dosen-Dosen Teknik Komputer aktif melakukan penelitian dan pengabdian yang dibuktikan dengan menghasilkan beberapa jurnal nasional terakreditasi, serta memiliki karya yang sudah memperoleh HKI (Hak Kekayaan Intelektual) yang diakui secara nasional.
  3. Memiliki website yang berisi informasi dari setiap kegiatan Jurusan dan kegiatan mahasiswa.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu untuk dilakukan perbaikan dimasa mendatang, diantaranya:

  1. Pengumpulan soal PAS ke jurusan masih belum dilakukan 1 bulan sebelum ujian. Validasi soal telah dilakukan pada aspek kesukaran soal, daya beda, dan realibitas. Namun uji validasi soal terkait dengan ketercapaian CP masih belum dilakukan. Monev pembelajaran dan hasil belajar mahasiswa telah dilaksanakan oleh prodi, hanya saja belum terdokumentasi dengan baik pada bagian berita acara dan lembar absensi peserta rapat.
  2. Belum ada Dosen tetap yang berpendidikan S3 dikarenakan prodi Teknik Komputer adalah prodi baru yang dibuka pada Tahun 2021. Selain itu, Prodi S1 Teknik Komputer juga belum memiliki laboran.
  3. Penelitian yang dilakukan mahasiswa secara mandiri masih belum ada dikarenakan prodi Teknik Komputer adalah prodi baru yang baru memiliki 2 angkatan dengan 1 angkatannya baru masuk di semester 3. Akan tetapi, beberapa mahasiswa teknik komputer ada yang sudah mengikuti riset dosennya untuk menjadi tenaga pendamping.
  4. Belum adanya data terkait jumlah jurnal ilmiah internasional sesuai bidang studi yang dilanggan.
  5. Proses pembelajaran sudah baik hanya saja belum memiliki Lab sendiri yang dikelola mandiri. Selama ini laboratorium masih menggunakan laboratorium bersama yang ada di Gedung SBSN.
Audit Mutu Internal Hari Ketiga

Beberapa catatan di atas, termasuk catatan peluang untuk peningkatan kemudian diserahterimakan antara pihak Auditor dengan Auditi. Catatan ini yang kemudian menjadi landasan prodi untuk memperbaiki kekurangan di masa mendatang,  Audit ini sendiri penuh dengan suasana cair, senyuman dan keakraban, bahkan juga membahas beberapa peluang kerjasama dan kolaborasi riset antara prodi S1 Teknik Komputer dengan prodi bidang pendidikan di lingkungan UBT. Mudah-mudahan dengan adanya AMI LPPPM pada tahun ini, prodi S1 Teknik Komputer dapat terus memperbaiki diri guna meningkatkan mutunya secara maksimal di tahun mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × four =