Rabu, 18 Januari 2023 bertempat di ruangan Jurusan Teknik Komputer dilaksanakan diskusi dan sharing pengalaman pelaksanaan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Kemendikbudristek Tahun 2022. Kegiatan ini diinisiasi oleh Rika Wahyuni Arsianti, S.T., M.T., selaku Dosen Teknik Komputer yang konsen terhadap hadirnya program merdeka belajar di lingkungan Jurusan Teknik Komputer. Hadir sebagai narasumber adalah dua mahasiswa asal Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Borneo Tarakan yang pernah mengikuti program ini yaitu Embun Sekar Langit dan Eufatria, serta para peserta yaitu Ketua dan Sekretaris Jurusan Teknik Komputer, Dosen-Dosen Jurusan Teknik Komputer dan Perwakilan Mahasiswa dengan IPK diatas 3 yang berminat untuk mengikuti program ini.

Narasumber dan Para Peserta Diskusi Sharing PMM

Pada kegiatan ini, narasumber menjelaskan tentang Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2022 (PMM 2) yang merupakan sebuah program pertukaran mahasiswa dalam negeri selama 1 (satu) semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi (PT) yang berada di pulau yang berbeda dengan domisili PT Pengirim dan domisili asal mahasiswa. Lebih lanjut, narasumber menjelaskan keuntungan mengikuti program ini adalah mahasiswa akan mendapatkan pengakuan kredit hingga 20 SKS di luar homebase prodi, serta dapat merasakan secara langsung keberagaman budaya nusantara, baik secara tertulis maupun praktik, bisa berteman dengan mahasiswa dari berbagai daerah, mendapat kesempatan mengambil pilihan mata kuliah di luar prodi sesuai dengan pilihan mahasiswa, serta nendapatkan uang saku dan e-sertifikat PMM 2 dari Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek yang dapat menjadi SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah).

Narasumber juga menjelaskan dan berdiskusi dengan para peserta tentang tips trik dan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para calon peserta dari mahasiswa teknik komputer dapat lolos dalam program ini.   Dalam diskusi ini, para peserta tampak antusias untuk menyimak materi dan terlihat beberapa ada yang berminat untuk mengikuti program ini di Semester Ganjil 2023/2024. Apalagi saat semester Ganjil, angkatan mahasiswa teknik komputer ada yang sudah masuk di semester 5, sehingga sudah bisa untuk mengikuti program ini.

Diharapkan setelah kegiatan ini,  besar harapan jurusan agar beberapa mahasiswa teknik komputer tertarik dan berminat untuk mengikuti program ini dan berkuliah di program studi bidang IT terbaik di jurusan ternama, semisal ITS, ITB, UGM, dan UI. Dengan mengikuti kegiatan ini, mereka dapat menjadi mahasiswa berprestasi melalui peningkatan kualitas belajar dan merasakan sensasi berkuliah di universitas ternama dengan segala kelengkapan fasilitasnya. Setelah selasai ikut program PMM ini, dapat kembali ke homebase asal untuk share pengalaman dan ikut berkontribusi memajukan, serta memperbaiki kualitas pembelajaran dan meningkatkan nilai IKU (Indikator Kinerja Utama) di Jurusan Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =