Senin (20/02/2022), telah diumumkan hasil seleksi PKM Kemdikbudristek tahun 2023 tingkat Universitas Borneo Tarakan. Dari hasil seleksi yang dilakukan oleh Tim Internal UBT, hanya sekitar 97 proposal yang lolos seleksi dan berhak ikut PKM tingkat Nasional dalam berbagai skema. Dan yang patut membanggakan pada tahun 2023 ini adalah terdapat 7 proposal PKM dari Program Studi Teknik Komputer yang lolos seleksi tingkat universitas, yang artinya mengalami kenaikan 3 kali lipat dibandingkan tahun 2022 yang hanya 2 proposal PKM. Padahal prodi ini baru dua tahun berdiri dengan angkatan pertama baru “menginjakkan kaki” di semester 4. Berikut detail judul, ketua pengusul dan pembimbing dari Teknik Komputer yang lolos seleksi:

No. Judul PKM Skema PKM Nama Ketua Tim Pengusul Dosen Pembimbing
1. Meningkatkan Kualitas Gizi dan Pangan Masyarakat Indoensia Menggunakan Sistem Otentifikasi Biometrik dan Big Data Seraya Menerapkan Pengelolaan Sampah Terpadu PKM-GFT(Gagasan Futuristik Tertulis) Rega Rizkan Azizan Mulyadi, S.T, M.T.
2. Rancang Bangun Pelampung Rumput Laut Tahan Arus dan Hama Guna Meningkatkan Hasil Panen di Perairan Kota Tarakan PKM-KC (Karsa Cipta) Irdan Ramadhani Mulyadi, S.T., M.T.
3. Potensi Limbah Produk Perikanan Sebagai Sistem Identifikasi Logam Berat Terintegrasi Mikrokontroler PKM-RE (Riset Eksakta) Ridho Kurniawan Mulyadi, S.T., M.T.
4. Sistem Deteksi Otomatis Penggunaan Masker Pada Pintu Kelas Berbasis Kamera Dengan Detektor Deep-Learning Multi Wajah Dan Notifikasi Pesan-Suara PKM-RE (Riset Eksakta) Ikhsan Maulana Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom.
5. Pengembangan COMPATIENT (Computer Vision Application on Measles Patient) Berbasis Convolutional Neural Network di Perbatasan Wilayah Kalimantan Utara PKM-RE (Riset Eksakta) Putri Ananda Rhamadani Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom.
6. Pengaruh Frekuensi Sinyal Stimulasi Listrik Pada Kontraksi Otot PKM-AI (Artikel Ilmiah) Akbar Haqi Nasrullah Rika Wahyuni Arsianti, S.T., M.T.
7. Penggunaan Smart Artificial Intelligence Moto Bike (SAIMOB) Sebagai Alat untuk Mengurangi Angka Kecelakaan pada Daerah Rawan Kecelakaan PKM-GFT (Gagasan Futuristik Tertulis) Dimas Satrio Wirananta Kharis Hudaiby Hanif, S.Pd., M.Kom.

Tujuh proposal ini bersama dengan 97 proposal lainnya berhak maju ikut seleksi PKM tingkat Nasional. Namun sebelum diinputkan melalui simbelmawa untuk diikutkan seleksi, mereka yang lolos terlebih dahulu wajib memperbaiki proposalnya sesuai dengan hasil review yang diberikan oleh Tim Reviewer Internal.  Beberapa hasil review yang diberikan diantaranya terkait penulisan proposal harus benar-benar sesuai panduan tanpa terkecuali, melengkapi referensi yang mendukung latar belakang bab 1, menambahkan sitasi yang memperkuat tinjuan pustaka pada bab 2, mendetailkan metode riset beserta teknik analisis dan cara penarikan kesimpulan, memperbaiki daftar pustaka menggunakan aplikasi mendeley, format penulisan anggaran proposal yang tidak tepat, dan lain sebagainya.

Mudah-mudahan 7 tim PKM dari Teknik Komputer telah menyusun proposalnya dengan baik sehingga¬†mereka dapat lolos secara administratif dan substantif pada seleksi pendanaan PKM tingkat Nasional dan berhak mendapat pendanaan proposal yang besarannya 10 juta s.d 12 juta rupiah…aamiin ya robbal alaamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 20 =