Prestasi kembali ditorehkan oleh Tim PKM Fakultas Teknik UBT, setelah sebelumnya tim ini berhasil memperoleh Pendanaan PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) yang berhasil tembus hingga ke tingkat Nasional. Kali ini PKM yang dikerjakan dan diketuai oleh Aji Bijaksana Abadi (Teknik Elektro) dan beranggotakan Sumardi (Teknik Elektro),  Sultan Mahdi (Teknik Elektro),  dan Audrey Nauffal Juniar (Teknik Elektro), serta dibimbing penuh oleh Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom. (Dosen Teknik Komputer) selaku dosen pendamping berhasil memperoleh prestasi membanggakan dengan membawa tim tembus dan lolos menjadi finalis pada PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasional) yang berlangsung di USU (Universitas Sumatera Utara) pada tanggal 25 Oktober s/d 29 Oktober 2021.

Ini merupakan kesuksesan yang membanggakan oleh Universitas Borneo Tarakan, karena setelah beberapa tahun berlalu, baru ada lagi perwakilan UBT yang lolos PIMNAS. Terkhusus kebanggaan bagi Fakultas Teknik, karena baru pertama kali tim dari Fakultas Teknik tembus pendanaan PKM Nasional dan kali lolos dan menjadi finasis di PIMNAS USU Tahun 2021. Hal ini bukan merupakan sesuatu yang mudah, setelah tim ini berjuang membuat projectnya hingga menjadi prototipe yang bisa digunakan dengan beberapa kali pengujian, tentunya dengan memperoleh beberapa masukan dari dosen pendamping. Selain itu, juga latihan presentasi secara berkala bersama dosen pendamping rutin dilakukan guna membiasakan diri dalam menghadapi pertanyaan dari dewan juri.

Alhasil, melalui sesi penjurian presentasi secara ketat dan bersaing dengan universitas-universitas unggulan, tim ini mampu memberi hasil yang membanggakan, dimana dari 1509 PKMRE yang mendapatkan hibah pendanaan PKM, hanya sekitar 210 judul yang lolos PIMNAS, termasuk Tim PKM Fakultas Teknik yang mengangkat judul:

“Rancang Bangun Sistem Perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT) Less Contact berbasis CVAR (Computer Vision dan Analisis Regresi)”

dan memperoleh kesempatan lagi untuk menjadi kandidat juara PIMNAS. Semoga saat PIMNAS berlangsung nanti, Tim PKM Fakultas Teknik dapat memperoleh hasil yang maksimal dan bukan tidak mungkin untuk menjadi juara.

Aamiin ya robbal alaamiiin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 11 =