Dosen Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Teknik,  Universitas Borneo Tarakan yakni Mulyadi, S.T., M.T., Rudy, S.T, M.T., Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom., dan Rika Wahyuni Arsianti, S.T., M.T. telah meraih prestasi membanggakan. Mereka dinyatakan lulus sertifikasi internasional MCE dan berhak menyandang gelar Microsoft Certified Educator (MCE). Pelatihan MCE ini diselenggarakan 1 – 3 November 2021, dengan ujian dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 November 2021.

Microsoft Certified Educator (MCE) merupakan sertifikasi internasional pendidik yang dikeluarkan oleh Microsoft. Dimana untuk memperoleh sertifikat ini, para peserta wajib mengikuti training intensif selama tiga hari yang didalamnya berisi tentang pengenalan pembelajaran berbasis ICT abad 21 atau dikenal dengan 21CLD, yang dibagi ke dalam 6 kompetensi desain pembelajaran yang harus dipahami dan diterapkan, yaitu Collaboration, Skilled Communication, Knowledge Construction, Self-Regulation, Real World Problem Solving and Innovation, dan Use of ICT for learning. Termasuk dalam training ini disampaikan beberapa contoh kasus yang berkaitan dengan perkembangan teknologi pembelajaran, desain pembelajaran, ICT, dan lain-lain. Skor minimal untuk mendapatkan MCE adalah 700.

Tes ini menguji dan menyertifikasi kompetensi internasional pendidik dalam mendesain pembelajaran abad ke-21 yang dapat diikuti oleh Guru, Dosen, Peneliti dan dsb, termasuk juga para dosen dari Program Studi Teknik Komputer.  Tes berlangsung selama 1 jam dengan 40 soal. Soal berupa case study kasus pembelajaran yang harus dipecahkan dalam bentuk pilihan ganda, isian singkat, dan mencocokkan level rubrik kompetensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 6 =