Alhamdulillah, Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer atau yang dikenal dengan nama JBIT telah berhasil memiliki terbitan Perdana Vol. 1 Edisi Oktober 2021.  Terbitan ini sendiri sudah terdaftar secara resmi dan legal karena telah memiliki ISSN cetak dan elektronik dengan kode berturut-turut adalah 2808-8190 dan 2808-6600. Terbitan juga bisa diakses di link berikut ini: http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/jbit. Termasuk setiap artikel terbitan Vol. 1 Edisi Oktober 2021 ini telah memiliki DOI yang bisa diakses secara global.

Ini merupakan kebanggaan bagi Jurusan Teknik Komputer UBT, karena meskipun Jurusan Teknik Komputer adalah jurusan baru, namun mampu memiliki jurnal JBIT yang dikelola sendiri. JBIT merupakan jurnal bidang Teknologi Informasi yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Komputer UBT, dimana yang bertindak sebagai Pimpinan Redaksi adalah Awang Pradana, S.Kom., M.Kom. dan beranggotakan beberapa Dosen Teknik Komputer UBT. Guna mempercepat proses akreditasi JBIT pada tahun kedua dan meningkatkan kualitas publikasi jurnal, JBIT didukung para reviewer (dosen/peneliti/praktisi) dari berbagai instansi, diantaranya Politeknik Elektronika Surabaya, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Medan, dan Politeknik Negeri Banjarmasin.

Dalam penerbitan jurnal ini, dukungan penuh diberikan oleh Ketua Jurusan Teknik Komputer, Mulyadi, S.T., M.T dalam hal fasilitas dan bantuan mencari artikel yang akan diterbitkan di JBIT, termasuk memotivasi pengelola agar segera mengurus ISSN dan DOI. Sementara itu, dalam membuat DOI dan pelatihan publikasi via OJS banyak dibantu oleh Tim LPPM UBT di bawah Kapus PPIHKI (Kepala Pusat Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan Hak Kekayaan Intelektual), Saat Egra, S.Hut, M.Sc. Oleh karena itu, sebagai rasa terima kasih dari Pimpinan Redaksi JBIT, Awang Pradana, S.Kom., M.Kom berinisiatif memberikan sedikit kenangan kepada seluruh dewan redaksi, Ketua Jurusan dan terutama Kapus PPIHKI karena telah banyak membantu dan mendorong terbitnya JBIT Vol.1 Edisi perdana ini. Harapannya, semoga JBIT mampu mengejar ketertinggalan dari jurnal UBT lain yang telah eksis lebih dulu, serta dapat memperoleh akreditasi maksimal pada tahun kedua terbitan…aamiin ya robbal alaamiiin.

Pimpinan Redaksi dan anggota berfoto bersama dengan Kapus PPIHKI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × one =