Kamis, 28/10/2021 bertepatan di hari sumpah pemuda, Jurusan Teknik Komputer mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bersumber dari Hibah Dana DIPA LPPM UBT untuk SMK Terpadu Citra Bangsa Kota Tarakan dengan mengangkat tema: “Sosialisasi Pengembangan Website Sekolah Sebagai Sarana Promosi dan Edukasi di SMK Terpadu Citra Bangsa Kota Tarakan“.  Acara ini sendiri dilaksanakan di ruang laboratorium sekolah yang dihadiri oleh Drs. Sarmin, M.Pd., selaku Kepala Sekolah SMK Terpadu Citra Bangsa sekaligus sebagai tuan rumah acara, para wakil kepala sekolah, guru-guru, rekan dosen dan Mahasiswa.

Dalam diskusi dan pemaparan materi pada acara ini dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama penjelasan tentang pentingnya laman website sekolah sebagai media promosi dan edukasi yang dibawakan oleh Awang Pradana, S.Kom., M.Kom. selaku anggota Tim PKM Jurusan Teknik Komputer. Pada sesi ini dipaparkan mengapa media website itu sangat penting untuk dimiliki oleh setiap sekolah. Termasuk menunjukkan bahwa website sekolah itu bisa menjadi pusat informasi, informasi media pembelajaran, dan media online promosi sekolah, serta media untuk memberikan kemudahan dalam proses akreditasi sekolah. Lebih lanjut beliau menambahkan, media website ini menjadi sarana promosi yang cukup efektif untuk mendatangkan stakeholder agar berminat menyekolahkan anaknya ke sekolah SMK Terpadu Citra Bangsa. Jangan sampai banyaknya kegiatan yang dilakukan sekolah tidak tereskpos dengan baik, sehingga stakeholder tidak mampu melihat keunggulan dan kekhasan dari SMK Terpadu Citra Bangsa,

Kemudian di sesi kedua diajarkan cara pengelolaan web sekolah oleh Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom.  selaku Ketua Tim PKM Jurusan Teknik Komputer. Pada sesi ini, guru-guru diajak secara praktik langsung bagaimana mengelola web sekolah dengan baik. Termasuk pengelolaan secara teamwork. Beliau menjelaskan dalam mengelola web sekolah sederhana cukup 2 level akun, yaitu akun administrator dan akun author. Untuk akun administrator cukup dipegang oleh 1 orang pengelola saja, karena akun ini bertindak untuk mengelola web secara keseluruhan, termasuk post, page, user, template, dan plugin yang ingin ditambahkan ke web.  Sedangkan akun author bisa dipegang oleh seluruh guru SMK Terpadu Citra Bangsa, karena fasilitas akun ini hanya untuk posting berita/kegiatan. Akun author inilah yang bisa dimaksimalkan untuk mengisi berita/kegiatan sebanyak-banyaknya, karena setiap guru diwajibkan memposting kegiatan sekolah yang telah dilaksanakannya, yang pada gilirannya konten-konten di website sekolah SMK Terpadu Citra Bangsa dapat dengan cepat terisi. Lebih lanjut, para guru diajarkan cara mengisi berita/kegiatan, menyisipkan gambar, memberikan kategori dan tagline hingga sampai tahapan publish di web.


Terakhir kegiatan ditutup dengan diskusi, tanya jawab, serah terima pengelola website yang dibuat oleh Tim PKM Jurusan Teknik Komputer UBT ke sekolah, serta ramah tamah bersama antara narasumber dan warga sekolah SMK Terpadu Citra Bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × four =