Minggu, 26 Desember 2021, Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer (HMTK-FT) UBT melaksanakan Musyawarah Besar II yang bertempat di Gedung Laboratorium SBSN Lantai 2. Musyawarah ini merupakan musyawarah akhir tahun dengan agenda utama adalah pemilihan ketua himpunan yang baru dan memperbaiki AD/ART himpunan yang masing dirasa memiliki beberapa kekurangan.  Acara ini dihadiri oleh Dr. Syafrizal Tachfulloh, S.T., M.T. selaku Wakil Dekan FT dan Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom. selaku Sekretaris Jurusan Teknik Komputer, serta hampir seluruh mahasiswa Teknik Komputer baik yang hadir secara luring maupun daring. Acara mubes diawali dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya dan lagu hymne Teknik. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Farhan Muhammad Nabil, laporan ketua panitia pelaksana yang dalam hal ini diwakili oleh Armando Dewantoro dan sambutan dari ketua HMTK, Annida Zakkiah Az-Zahra.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom. selaku Sekretaris Jurusan Teknik Komputer. Dalam sambutannya, Beliau mengapresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan HMTK yang sebenarnya baru berdiri di bulan Oktober, namun mampu melaksanakan dua agenda Mubes Himpunan dan satu kegiatan ikut serta dalam pameran yang diselenggarakan oleh BEM FT UBT. Meskipun dari sisi dana himpunan belum dapat diperoleh karena HMTK terbentuk di pertengahan tahun 2021, sehingga menggunakan dana mandiri, tetapi tidak mengurangi kreatifitas dalam berinovasi. Ini terbukti dalam kegiatan pameran, meskipun dengan segala keterbatasan, HTMK berhasil memberikan pameran dalam bentuk poster pengenalan prodi dan pengenalan seputar game sederhana berbasis Python dan Javascript yang dapat dimainkan. Lebih lanjut Beliau mengatakan dalam pelaksanaan Mubes II HMTK sudah sangat dipersiapkan dengan matang, sehingga acara bisa dilaksanakan dengan tepat waktu dan berlangsung lancar. Beliau optimis ke depan HMTK akan semakin maju karena di periode 2022, tidak lagi membahas AD/ART beserta perangkatnya karena sudah dibuat di periode 2021. Akan tetapi sudah bisa langsung fokus merancang dan melaksanakan proker yang berkualitas disertai timeline yang jelas, proker yang memiliki semangat akademik dan yang mendukung akreditasi program studi. Namun Beliau berpesan, tetap yang paling utama adalah akademik, sehingga mahasiswa yang nantinya terlibat dalam kepengurusan jangan sekali-kali mengabaikan akademik dan perkuliahan.

Kemudian sambutan terakhir dilaksanakan oleh Wakil Dekan FT yang sekaligus membuka acara Mubes. Dalam sambutannya, Beliau berpesan yang menguatkan sambutan sebelumnya, bahwa kegiatan berorganisasi dalam himpunan jangan sampai meninggalkan akademik dan tugas-tugas perkuliahan yang diberikan oleh dosennya. Ingat bahwa mahasiswa yang berada di dalam struktur kepengurusan himpunan merupakan representasi mahasiswa Teknik Komputer UBT. Jika kepengurusan himpunan hanya pandai berpolitik dan berorganisasi, hanya sibuk dalam latihan kepemimpinan tapi lupa bahwa ada tugas-tugas kuliah yang dikerjakan, maka nama baik Jurusan Teknik Komputer dan Fakultas Teknik juga menjadi tidak baik. Apalagi yang mengisi himpunan adalah mahasiswa-mahasiswa yang secara IPK rendah, tidak ikut PTS/PAS, jarang absen dalam matakuliah, senangnya muncul jika ada kegiatan himpunan, dan yang paling parah adalah lulusnya lama/hampir dropout. Maka dipastikan itu adalah himpunan mahasiswa yang tidak sehat. Untuk itu, Beliau berpesan agar HMTK benar-benar melakukan filter kepengurusan sesuai dengan ketentuan. Mahasiswa yang abai dalam akademik jangan dijadikan dalam kepengurusan. Dan bagi yang sudah berada dalam kepengurusan himpunan untuk selalu menyeimbangkan dan mengkompromikan antara kegiatan himpunan dan kegiatan akademik.

Setelah dibuka oleh Wakil Dekan FT, selanjutnya dilaksanakan kegiatan inti musyawarah besar II dengan agenda pleno, yang salah satunya adalah pemilihan ketua HMTK di Teknik Komputer beserta nama-nama kepengurusan yang baru. Kegiatan inti dilaksanakan hingga hari Senin 27 Desember 2021. Di akhir mubes, telah diputuskan bersama dalam berita acara bahwa Annida Zakkiah Az-Zahra terpilih kembali secara aklamasi untuk memimpin HMTK untuk periode tahun 2022. Termasuk ada nomenklatur baru terkait divisi himpunan dan beberapa pengurus yang berganti dan bertambah.

Mudah-mudahan ketua himpunan incumbent beserta pengurus yang baru bisa melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya termasuk mampu menetapkan Proker Kerja HMTK-FT UBT unggulan…aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 13 =