Selasa (2/9/22) bertempat di Gedung Rektorat Lantai 4, Fakultas Teknik Universitas Borneo Tarakan mengadakan pelantikan secara serentak kepada seluruh ormawa yang ada di lingkungan Fakultas Teknik UBT, yaitu BEM-FT (Badan Eksekutif Mahasiswa), BPM-FT (Badan Perwakilan Mahasiswa), HMTS-FT (Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil), HMTE-FT (Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro), HMTM-FT (Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin), dan HMTK-FT (Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer). Pelantikan serentak kali ini menjadi kebanggaan tersendiri karena merupakan momen perdana yang dilakukan oleh Fakultas Teknik, setelah sebelum-sebelumnya proses pelantikan dilakukan pada masing-masing ormawa.

Dalam pelantikan hari ini, hadir secara lengkap pimpinan struktural yang ada di Fakultas Teknik UBT. Asta, S.T., M.Eng. selaku Dekan Fakultas Teknik yang sekaligus melantik seluruh pengurus ormawa di lingkungan Fakultas Teknik. Dr. Syachfrizal Tachfulloh, S.T., M.T. selaku Wakil Dekan Fakultas Teknik. Rosmalia Handayani, S.T., M.T. dan Iif Ahmad Syarif, S.T., M.T. selaku Ketua dan Sekretaris Jurusan Teknik Sipil. Achmad Budiman, S.T., M.T. dan Abil Huda, S.T., M.T. selaku Ketua dan Sekretaris Jurusan Teknik Elektro. Sudirman, S.T., M.T. dan Hadi Santoso, S.Pd., M.Si. selaku Ketua dan Sekretaris Jurusan Teknik Mesin. Serta, Mulyadi, S.T., M.T. dan Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom. selaku Ketua dan Sekretaris Jurusan Teknik Komputer. Termasuk yang juga hadir secara lengkap dan antusias adalah seluruh mahasiswa yang diamanahi menjadi pengurus Ormawa di lingkungan Fakultas Teknik.

Para peserta yang akan dilantik
Para Pimpinan Struktural di Lingkungan Fakultas Teknik

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UBT, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Rektor tentang Penetapan pengurus BPM dan BEM FT-UBT oleh Wakil Dekan, Pembacaan Surat Keputusan Keputusan Rektor tentang Penetapan pengurus HMTS FT-UBT oleh Sekretaris Jurusan Teknik Sipil, pembacaan Surat Keputusan Rektor tentang Penetapan pengurus HMTE FT-UBT oleh Sekretaris Jurusan Teknik Elektro, pembacaan Surat Keputusan Rektor tentang Penetapan pengurus HMTM FT-UBT oleh Sekretaris Jurusan Teknik Mesin, dan pembacaan Surat Keputusan Rektor tentang Penetapan pengurus HMTK FT-UBT oleh Sekretaris Jurusan Teknik Komputer.

Pembacaan Surat Keputusan Penetapan Pengurus BPM dan BEM FT oleh Wakil Dekan
Pembacaan Surat Keputusan Pengurus HMTK oleh Sekretaris Jurusan Teknik Komputer

Setelah itu, pembacaan janji/fakta integritas untuk ormawa oleh Dekan yang diikuti oleh seluruh pengurus ormawa yang dilantik dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Dekan, Ketua Jurusan, dan para ketua Ormawa yang dilantik.

Pembacaan Ikrar Janji oleh Dekan diikuti Seluruh Peserta

Dalam hal penandatangan berita acara pelantikan pengurus HMTK FT-UBT, dilakukan oleh Dekan dan Ketua Jurusan Teknik Komputer dengan pengurus HMTK FT-UBT (Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer) diwakili oleh Annida Zakkiah Az-Zahra selaku Ketua HMTK yang tampak terlihat bersamaan dengan Ketua HMTM. Ini menjadi periode kedua Annida diamanahi menjadi ketua HMTK setelah pada tahun sebelumnya menjadi ketua HMTK dengan periode yang singkat Oktober-Desember 2021. Ini dikarenakan pada tahun lalu, HMTK dan kepengurusan HMTK baru terbentuk pada bulan Oktober 2021.

Penandatanganan Berita Acara Pelantikan oleh Ketua HMTK Terpilih

Acara berlanjut dengan sambutan yang diberikan oleh Dekan. Dalam sambutannya, Beliau berpesan agar pada kepengurusan ormawa FT-UBT periode 2022 ini untuk lebih meningkatkan program-program kerja yang produktif yang dapat mendongkrak prestasi akademik dan non akademik mahasiswa. Apalagi pelantikan telah dilaksanakan di awal tahun, maka masih banyak waktu, sekitar 10 bulan ke depan untuk melaksanakan banyak kegiatan kemahasiswaan. Selain itu, Beliau mengatakan agar para mahasiswa yang mendapat amanah sebagai pengurus ormawa FT-UBT selalu profesional, tidak lupa belajar dan berpakaian dengan rapi, karena ormawa ini yang menjadi perwakilan wajah seluruh mahasiswa Fakultas Teknik di lingkungan masyarakat.

Kemudian acara diakhiri dengan Doa Penutup dan Foto bersama antara Pimpinan Struktural FT-UBT dengan Ormawa FT-UBT, tidak terkecuali foto Dekan, Kajur, Sekjur Teknik Komputer dengan pengurus HMTK yang baru.

Sesi Foto Bersama Pengurus HMTK dengan Dekan dan Wakil Dekan FT, Kajur, dan Sekjur Teknik Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + fifteen =