Sabtu (12/02/2022), Alhamdulillahirobbil alamin arrahmanirrahim, segala puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT.. Program Studi S1 Teknik Komputer, Fakultas Teknik UBT telah berhasil meraih akreditasi BAIK, melalui Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor: 964/SK/BAN-PT/PB-PS/S/II/2022 . Tentu ini menjadi hal yang sangat disambut baik dan ditunggu tunggu baik oleh Dosen di Lingkungan Jurusan Teknik Komputer maupun Mahasiswa Angkatan Pertama Teknik Komputer UBT. Semenjak dari terbitnya SK Penyelenggaraan Prodi S1 Teknik Komputer oleh BAN-PT tertanggal 30 Desember 2020 sampai dengan keluarnya SK Akreditasi, tanggal 12 Februari 2022, yaitu sekitar 1 tahun lebih 2 bulan, Prodi S1 Teknik Komputer masih berstatus akreditasi minimal karena masih dihitung sebagai Prodi Baru.

Perlu diketahui bahwa ini adalah akreditasi pertama yang dalam proses penerbitan akreditasinya, diawali dengan pengajuan dari LPPPM UBT (Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu) UBT yang saat itu diketuai oleh Dr. Iffi Fitriah, M.T (alm.) dan diteruskan oleh ketua lembaga yang sekarang, Dr. Jero Budi Darmayasa, S.Pd., M.Pd.Si ke BAN-PT melalui laman akreditasi pertama milik BAN-PT. Beberapa dokumen turut diunggah, termasuk diantaranya surat pengantar rektor dan kurikulum prodi. Setelah itu, BAN-PT menerima ajuan yang kemudian melakukan pemantauan tahap pertama data kuantitatif pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Prodi S1 Teknik Komputer melalui Basis Data PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) secara online, termasuk memantau kesiapan dokumen kurikulum yang disertai silabus dan rps pendukung yang diunggah dilaman pendaftaran akreditasi pertama BAN-PT.

Disisi lain, melalui instruksi Mulyadi, S.T., M.T. selaku Ketua Jurusan Teknik Komputer kepada seluruh Dosen-dosen dan Mahasiswa di lingkungan Teknik Komputer UBT yang berkoordinasi juga dengan Asta, S.T., M.Eng selaku Dekan FT UBT. Banyak hal yang dipersiapkan Jurusan Teknik Komputer guna menuju prodi terakreditasi di tahun pertama, diantaranya:

  1. Jurusan menyediakan dana hibah penelitian dan pengabdian untuk Dosen dan Mahasiswa Teknik Komputer UBT, sehingga pada tahun pertama ada sekitar 5 judul artikel penelitian terbit dan 2 judul pengabdian telah dilaksanakan, belum termasuk beberapa dosen Teknik Komputer yang juga memperoleh hibah kompetitif pula melalui LPPM UBT.
  2. Jurusan membuat konten informasi pada berbagai platform sosial media, diantaranya website (ce.ubt.ac.id), instagram (@ce.ubt), facebook (Tekom UBT), dan youtube (CE UBT TV). Sosial media jurusan ini dimaksudkan agar masyarakat dapat melihat luaran tri dharma dan kegiatan yang dilakukan oleh Jurusan, serta sebagai sarana edukasi dan promosi.
  3. Jurusan memfasilitasi ruang bagi mahasiswa untuk segera membentuk HMTK FT-UBT (Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer) dengan Annida Zakkiah Az-Zahra yang terpilih sebagai Ketua himpunan periode pertama.
  4. Jurusan segera mendaftarkan diri sebagai anggota institusi APTIKOM dan memfasilitasi Dosen Teknik Komputer untuk Aktif menjadi anggota APTIKOM.
  5. Jurusan menyediakan sarana prasarana berupa kelas dan lab praktikum yang cukup representatif. Saat ini telah aktif dua laboratorium. Masing-masing adalah laboratorium Sistem Digital yang dikepalai oleh Rika Wahyuni Arsianti, S.T., M.T. dan laboratorium Sistem Informasi dan Komputasi Cerdas yang dikepalai oleh Awang Pradana, S.Kom., M.Kom.
  6. Jurusan menyediakan kelas daring yang dapat diakses melalui bel.ubt.ac.id (aplikasi LPPPM UBT) untuk seluruh matakuliah semester 1, karena di semester ini mahasiswa UBT, tidak terkecuali mahasiswa Teknik Komputer melaksanakan perkuliahan secara full daring.
  7. Jurusan memfasilitasi pengembangan prestasi Dosen dan Mahasiswa. Ini terbukti pada tahun pertama, Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom berhasil membawa UBT lolos pendanaan hibah PKM dan lolos menjadi finalis di PIMNAS USU Tahun 2021. Mahasiswa Teknik Komputer atas nama Fitria Sulistiany berhasil menjadi juara 3 dalam lomba desain PCB yang diselenggarakan oleh HMTE FT-UBT bekerja sama dengan SMKN 2 Tarakan.
  8. Jurusan memfasilitasi pengembangan pendidikan keahlian bagi Dosen Teknik Komputer. Tercatat terdapat 4 Dosen Teknik Komputer yang berhasil meraih sertifikat pendidik Internasional MCE (Microsoft Certified Educators) yang dikeluarkan Microsoft yaitu atas nama Mulyadi, S.T., M.T., Rudy, S.T., M.T., Rika Wahyuni Arsianti, S.T., M.T. dan Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom.
  9. Jurusan melalui Fakultas Teknik UBT dipercaya sebagai salah satu pelaksana pelatihan Tk. Nasional yaitu FGA-DTS (Fresh Graduate Academy-Digital Talent Scholarship) dengan tema “Database Design & Programming with SQL” yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Oracle Academy. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 19 Juli s/d 17 September dengan total jam pelatihan sebanyak 180 jam. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 22 mahasiswa tingkat akhir/lulusan fresh graduate program studi bidang sains dan komputer dari berbagai universitas dan politeknik di wilayah kalimantan.
  10. Jurusan melalui HMTK FT-UBT ikut serta dalam kegiatan pameran yang dilaksanakan oleh BEM FT dengan menyediakan suguhan pengenalan tentang apa itu Prodi Teknik Komputer, Materi seputar komputer yang dikemas dalam bentuk poster dan buah tangan. Termasuk juga menyuguhkan beberapa game modifikasi karya mahasiswa dan bazzar makanan.
  11. Jurusan melalui HMTK FT-UBT berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengabdian, proyek kemanusiaan, dan bakti sosial. Tercatat HTMK telah melakukan kegiatan bakti sosial, berbagi ceria dengan anak Panti Asuhan Putra Ahmad Dahlan Tarakan.

Atas hasil akreditasi BAIK yang diperoleh prodi S1 Teknik Komputer ini, kami selaku pelaksana prodi mengucapkan terima kasih banyak kepada berbagai pihak Dekan FT, LPPPM UBT, serta Dosen dan Mahasiswa Teknik Komputer atas bantuan dana, pemikiran, dan sumbangsihnya. Semoga ke depan Prodi S1 Teknik Komputer bisa lebih baik dan bisa lebih berprestasi lagi, insyaallah..aamiin ya robbal alaamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 5 =