Rabu (9/3/2022), Universitas Borneo Tarakan mendapat kunjungan spesial dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar MakarimB.A., M.B.A.  Ini merupakan kunjungan perdana Menteri Nadiem ke UBT, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara. Beliau berkunjung ke UBT dalam rangka meresmikan Gedung Laboratorium dan Perkuliahan Terpadu dan Gedung Laboratorium Sentral Ilmu Hayati (LSIH) Universitas Borneo Tarakan.

Peresmian Gedung diselenggarakan sekitar pukul 15.30 WITA oleh Menteri Nadiem Anwar MakarimB.A., M.B.A. Hadir bersama beliau untuk turut serta dalam peresmian adalah Dirjen Dikti Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng., Gubernur Kalimantan Utara Drs. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum.,  Rektor Universitas Borneo Tarakan Prof. Dr. Adri Patton, M.Si., Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ir. Adi Sutrisno, M.P., Wakil Rektor Bidang Umum dan  Keuangan Dr. -Ing., Ir, Daud Nawir, S.T., M.T., Wakil Rektor Bidang  Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama Dr. Ir. M. Djaya Bakri, S.T., M.T., dan Rektor Universitas Gajah Mada Prof. Ir. Punut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng.

Setelah pelaksanaan peresmian Gedung Laboratorium dan Perkuliahan Terpadu dan Gedung Laboratorium Sentral Ilmu Hayati (LSIH) Universitas Borneo Tarakan, Menteri Nadiem Anwar Makarim,B.A., M.B.A. bersama rombongan langsung meninjau fasilitas laboratorium yang ada di Gedung Laboratorium dan Perkuliahan Terpadu diantaranya adalah Laboratorium Kimia, Laboratorium Biologi dan Laboratorium Komputer. Termasuk tidak terkecuali yang ditinjau adalah Laboratorium Sistem Informasi dan Komputasi Cerdas yang merupakan laboratorium jurusan Teknik Komputer.

Dalam kunjungannya ke laboratorium jurusan Teknik Komputer, beliau disambut oleh Ketua Jurusan Teknik Komputer, Mulyadi, S.T., M.T yang pada saat itu sedang mengisi perkuliahan praktikum secara hibrid dengan perwakilan mahasiswa yang berada di ruang lab. Pada kesempatan ini, Menteri dan Rombongan sempat berdiskusi dengan Rektor UBT, Ketua Jurusan dan Perwakilan Mahasiswa. Ketua Jurusan memperkenalkan tentang Program Studi S1 Teknik Komputer yang baru 1 tahun lebih berdiri kepada Menteri dan Rombongan, prodi S1 Teknik Komputer telah memperoleh akreditasi BAIK dari BAN-PT termasuk Ketua Jurusan menjelaskan tentang lab dan sarana prasarana yang ada di Teknik Komputer. Menteri kemudian mengucapkan selamat kepada Rektor UBT yang pada akhirnya telah memiliki program studi kekinian bidang Teknologi dan Informasi, yaitu prodi S1 Teknik Komputer.

Beliau berpesan harapan ke depan semoga program studi S1 Teknik Komputer bisa berkembang dengan sarana-prasara yang update, serta dapat mengikuti berbagai program MBKM yang dibuka dan ditawarkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi. Bahkan Dirjen Dikti juga menawarkan ke prodi S1 Teknik Komputer ketika mahasiswanya sudah ada yang mengampu matakulitah di semester 5 untuk ikut dalam program MBKM Bangkit Akademi, agar mahasiswa S1 Teknik Komputer UBT mendapatkan banyak pembelajaran, pengalaman, dan pelatihan berharga tidak hanya dari internal prodi tetapi juga dari Industri-industri dan startup digital yang memang benar-benar akan mengasah skill rekayasa komputer mahasiwa agar dapat terus update dan sesuai dengan yang dibutuhkan pasar.

Setelah dari laboratorium Sistem Informasi Komputasi Cerdas Jurusan Teknik Komputer, Beliau bersama rombongan berkeliling dan melihat lab-lab lain, serta melanjutkan acara dialog “teras”. Dalam diskusi ini, Rektor UBT, Prof. Dr. Adri Patton, M.Si., memberikan Laporan tentang perkembangan Universitas Borneo Tarakan dan menyampaikan kesiapan Universitas Borneo Tarakan untuk menyelenggarakan Program Studi Kedokteran sebagai mana usulan sebelumnya yang mendapatkan respon positif untuk pemberian izin penyelenggaraannya.  Kemudian dilanjutkan dengan kuliah singkat oleh Menteri Nadiem Anwar MakarimB.A., M.B.A. tentang Program Merdeka Belajar bersama dengan Mahasiswa dan Dosen di Lingkungan Universitas Borneo Tarakan. Kegiatan kemudian berakhir sekitar pukul 17.00 WITA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 9 =