Setelah pada dua tahun sebelumnya Jurusan Teknik Komputer, Fakultas Teknik UBT sukses menjadi host program pelatihan FGA-DTS, maka pada tahun ini Jurusan Teknik Komputer melalui PKS Fakultas Teknik UBT dipercaya kembali menjadi mitra kampus program pelatihan FGA DTS dengan materi “Database Design & Database Programming with SQL Tahun 2023″ yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi Informatika Medan (BBPSDMP Kominfo Medan), Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Oracle Academy.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 7 minggu pada periode bulan Juli – Agustus dengan total jam pelatihan sebanyak 180 jam. Kegiatan ini akan diikuti oleh sebanyak 40 fresh graduate ataupun mahasiswa tingkat akhir program studi bidang sains, komputer, dan teknik dari berbagai universitas dan politeknik yang ada di Indonesia. Untuk tahun ini, dosen Jurusan Teknik Komputer yang menjadi bagian instruktur adalah Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom. dan Awang Pradana, S.Kom., Seluruh civitas akademika Jurusan Teknik Komputer mengucapkan selamat bertugas kepada dosen yang ditunjuk, semoga kegiatan pengabdian ini berlangsung dengan lancar dan para peserta dapat memperoleh manfaat pelatihan yang besar dan sertifikat tk. nasional sebelum masuk ke dunia kerja.

Mengapa program ini menjadi sangat penting sekali untuk diikuti oleh fresh graduate atau mahasiswa tingkat akhir? Hal ini karena hasil dari pelatihan ini adalah para peserta akan mendapatkan certificate of completion  dari Kominfo dan Oracle Academy, serta berhak untuk ikut mengambil sertifikat Global/Internasional Oracle Database Foundations Exam Number: 1Z0-006 untuk peserta yang mengikuti pelatihan hingga akhir.  Biasanya secara reguler, tes untuk mengambil sertifikat internasional tersebut harus membayar sekitar $95 s/d $120 atau kalau dalam rupiah sekitar > 1,3 jutaan, akan tetapi dengan mengikuti program FGA-DTS ini dapat diambil secara gratis, namun dengan syarat mengikuti seluruh live session, hands-on lab, dan exam pelatihan sampai dengan selesai. Selain itu, certificate of completion dan sertifikat internasional yang diperoleh dapat menjadi SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) yang akan memberikan nilai plus saat mencari kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − 5 =