Sabtu (27/05/2023) Bertempat di Ruang Auditorium lantai 4 Gedung Rektorat UBT. Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer Fakultas Teknik UBT, mengadakan kegiatan yang digagas oleh Divisi Pengembangan Minat dan Bakat. Kegiatan ini bernama CESION (Computer Engineering Smart and Education) dengan tema “Menjadi Literat Digital di Era Society 5.0”.

CESION (Computer Engineering Smart and Education) merupakan sebuah acara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa terhadap pentingnya literasi digital dan keamanan di era Society 5.0. Kegiatan CESION ini dirangkaikan menjadi 2 kegiatan di dalamnya yaitu Digital Literacy Competition (DcyComp) dan Seminar Umum Edukasi Keamanan Digital untuk Society 5.0.


Kegiatan Digital Literacy Competition telah dibuka pada hari Minggu (14/05/2023) secara resmi oleh Sekretaris Jurusan Teknik Komputer Bapak Arif Fadllullah S. Pd.,M. Kom. Lomba ini terbuka untuk siswa/i SMA/SMK/sederajat se-Kota Tarakan.

Kegiatan DcyComp terdapat 3 perlombaan yaitu Photography Competition, Video Kreatif Competition, Cerdas Cermat IT. Dengan juri lomba dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kota Tarakan (DKISP), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, Dinas Pendidikan kota Tarakan, Telkomsel Tarakan serta Dosen Teknik Komputer Fakultas Teknik Universitas Borneo Tarakan.

Kegiatan DcyComp ini memiliki tujuan sebagai ajang untuk mengasah kemampuan siswa dalam dunia digital yang dirancang sebagai ajang pemantik kreativitas siswa dalam menghasilkan konten digital yang menarik dan berkualitas. Kompetisi seperti Photography dan Videography Competition akan memberikan kesempatan bagi peserta untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam menghasilkan karya yang menarik dan memiliki pesan yang kuat. Lomba ini mendapatkan antusias tinggi dimana terdapat 40 peserta dari SMAN 1 TARAKAN, SMAN 2 TARAKAN, SMAN 4 TARAKAN, SMKN 2 TARAKAN, SMA HANG TUAH TARAKAN, SMKN 1 TARAKAN, SMA MUHAMMADIYAH TARAKAN yang mengikuti 3 lomba tersebut.

Minggu (28/05/2023) Kegiatan Seminar Umum Edukasi Keamanan Digital untuk Society 5.0 dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Fakultas Teknik bapak Dr. Syahfrizal Tahcfulloh, S.T.,M.T. Tak lupa juga sambutan dari Ketua Jurusan dan Ketua Umum, yang di awali dengan Laporan Ketua Panitia.

Sambutan Ketua Jurusan oleh  Bapak Mulyadi ST.MT

Sambutan Ketua Umum oleh  Saudara Muhammad Rizky

Sambutan Ketua Panitia  oleh Saudari Amelia Manda Sari

Seminar ini telah melibatkan para ahli yang akan berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam menangani ancaman keamanan digital di era Society 5.0 yang mana dipantud oleh Fitria Sulistiany dan Putri Ananda. Dengan diadakannya seminar ini akan mendapatkan wawasan tentang strategi keamanan digital, perlindungan data, privasi online, dan bagaimana mengatasi serangan siber yang mungkin dihadapi.

Narasumber pertama, bapak mujiono S.E., M. Cs dari DKISP. Beliau membawakan materi mengenai Peran Milenial dalam menghadapi era Society 5.0.


Narasumber kedua, bapak Chaidar Husain S. Kom., M. Pd dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara yang membawakan materi mengenai dampak kemajuan teknologi digital dalam dunia pendidikan.

Narasumber ketiga, bapak AKBP Ronaldo Maradona T. P. P Siregar, S. H., S. I. K, Kapolres Tarakan. Beliau membawakan materi tentang upaya peningkatan kesadaran keamanan digital di era Society 5.0. Yang dimana dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Peserta sangat antusias dan interaktif menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang dijawab tegas dan jelas oleh para pemateri. Kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan pembagian sertifikat dan ke pemateri. Setelah kegiatan seminar selesai dilanjutkan dengan kuis dan penyerahan hadiah pemenang dari perlombaan DcyComp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =