Jakarta-Mahasiswa Teknik Komputer, Universitas Borneo Tarakan berhasil lolos seleksi menjadi Google Developer Students Club (GDSC) Lead untuk periode 2023-2024 di Universitas Borneo Tarakan yang dipilih langsung oleh Google Community Manager melalui beberapa tahapan seleksi yang cukup menantang. Terpilihnya Rega Rizkan Azizan menjadi Google Developer Students Club – Universitas Borneo Tarakan (GDSC-UBT) Lead & Initiator menjadikannya mahasiswa Universitas Borneo Tarakan dan Kalimantan Utara pertama yang mendapat undangan ke Google Office – Jakarta pada tanggal 28-30 September 2023 dalam rangka GDSC-ID Summit 2023 dengan tema #SummerOfLove.

Saat ini GDSC-UBT menaungi komunitas Google setingkat mahasiswa/i dan pelajar di seluruh Provinsi Kalimantan Utara. GDSC-ID Summit merupakan event tahunan dari Komunitas Google untuk para Lead GDSC dari seluruh Indonesia, agar dapat mengetahui melalui pelatihan dan berbagi pegalaman dari alumni, googlers maupun antar sesama lead agar mendapat gambaran bagaimana cara memimpin suatu komunitas mahasiswa/i di bawah naungan Google.

Googlers yang hadir dan ikut tergabung dalam diskusi diantara lainnya ada masDanang (Google Community Manager Indonesia & Brunei Darussalam), Ms. Janice (Google Community Manager SEA), dan mba Amrita (Google Community Manager Malaysia), lalu alumni diantara lain ada kak Vero (CoreTeam GDSC-ID 2022-2023), kak Fajar (Lead GDSC-ID 2022-2023), serta mas Jeje (Co-Founder WonderReaderdan masih banyak lainnya yang tidak dapat diesbutkan satu persatu.

Terhitung pada tahun 2023 ini ada 87 Lead GDSC dari berbagai kampus dari seluruh Indonesia yang hadir, termasuk dari UI, ITB, UGM, UNPAD, IPB, STIS, AMIKOM dan banyak lainnya. Dimana pada tahun lalu hanya ada 82 Lead GDSC di Indonesia, yang berarti ada 5 chapter baru termasuk UBT.

GDSC tersebar di seluruh dunia, kecuali di Benua Antartika. Di Asia Tenggara sendiri pada tahun ini ada 8 negara, 150 lebih kota dan 274 GDSC Leads yang tergabung dalam komunitas ini.

Google Developer Students Club (GDSC) sendiri merupakan komunitas untuk para mahasiswa/i yang tertarik dengan perkembangan teknologi, teutama mengenai Google Developer Technology. Mahasiswa/i dari semua program sarjana atau pascasarjana (bahkan umum) dengan minat untuk mendalami perkembangan dan pengaplikasiannya sangat amat dipersilahkan untuk bergabung, belajar bersama dan berkolaborasi, dengan sesama member maupun dengan chapter lain (GDSC dari kampus lain).

Google Developer Students Club – Universitas Borneo Tarakan (GDSC-UBT) menyediakan platform bagi siswa untuk terhubung, belajar, dan tumbuh bersama. Dengan bergabung dengan GDSC-UBT, mahasiswa/i dapat bersama-sama mengembangkan pengetahuannya dalam lingkungan pembelajaran peer-to-peer dan membangun solusi untuk komunitas dan bisnis lokal di sekitar kita dengan mengadakan sesi seminar maupun webinar, hands-on maupun online workshop, kompetisi, sampai proyek kolaboratif.

Saat bergabung dengan Google Developer Students Club – Universitas Borneo Tarakan (GDSC-UBT), kita akan mempunyai kesempatan untuk mempelajari segala macam keterampilan baru. Kita juga akan bertemu developer (programmer) atau pembicara lokal lainnya secara virtual atau secara langsung dengan minat serupa di bidang teknologi. Komunitas ini menjamin lingkungan yang inklusif di mana semua orang, siapa pun, degan background apapun yang tertarik dengan teknologi – mulai dari developer (programmer) pemula, profesional, hingga para pelaku industri kreatif yang berpengalaman dipersilakan untuk bergabung.

Gasskeunnn join GDSC-UBT!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 3 =