Rabu, 6 Desember 2023 bertempat di Gedung SBSN Lt. 2 Universitas Borneo Tarakan, Jurusan Teknik Komputer ikut serta dalam kegiatan EduFest#1 yang diselenggarakan oleh LPPPM UBT. Ini menjadi keikutsertaan perdana Jurusan Teknik Komputer sekaligus menjadi satu-satunya jurusan yang menjadi peserta terbanyak dalam kegiatan ini, karena seluruh angkatan yang ada baik angkatan 2021, 2022 maupun 2023 semua terlibat dalam kegiatan ini.

Kegiatan EduFest#1 ini sendiri merupakan kegiatan yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh LPPPM UBT dalam rangka untuk memamerkan dan menampilkan produk dan karya hasil dari berbagai matakuliah dari seluruh prodi yang menerapkan pembelajaran dengan metode case method maupun PjBL (project based learning). Sebagai jurusan bidang Teknik, Teknik Komputer tentulah memiliki banyak matakuliah yang berbasis PjBL dengan output berupa produk alat, sistem maupun aplikasi. Pada edisi perdana ini, produk/karya hasil matakuliah yang mewakili Jurusan Teknik Komputer di ajang EduFest#1 adalah:

  1. Matakuliah Wajib Umum (MKWU) Pengantar Sosial, Ekonomi dan Budaya Kawasan Perbatasan yang diampu oleh Dr. Jero Budi Darmayasa, S.Pd., M.Pd.Si, dan Nindya Adiasti, S.Pd., M.Pd.
  2. Matakuliah kolaborasi antara Sistem Operasi, Bahasa Inggris, dan Pengantar Kewirausahaan yang diampu masing-masing oleh Awang Pradana, S.Kom., M.Kom., Jhoni Eppendi, S.Pd., M.Pd., dan Widyastuti Cahyaningrum, S.E., M.S.M.
  3. Matakuliah kolaborasi antara Sistem Mikrokontroler, Teknik Interface & Peripheral, dan Kecerdasan Komputasional yang diampu secara tim teaching oleh Dedy Harto, S.T., M.T., Kharis Hudaiby Hanif, S.Pd., M.Kom., dan Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom.

Produk dari matakuliah diatas inilah yang kemudian dipamerkan dalam acara EduFest#1 dan mendapat sambutan luar biasa dari para peserta yang hadir dalam acara ini. Hal ini terbukti dengan banyaknya peserta baik dari kalangan mahasiswa dan dosen dari luar jurusan Teknik Komputer yang datang berkunjung di stand Jurusan Teknik Komputer untuk melihat-lihat berbagai inovasi dan produk yang telah dihasilkan oleh Mahasiswa Teknik Komputer. Pada mahasiswa teknik komputer yang ambil bagian karyanya ditampilkan juga terlihat sangat bersemangat untuk mempresentasikan dan menjelaskan hasil karyanya kepada pada undangan. Beberapa alat yang ditampilkan diantaranya: IoT untuk penyiraman tanaman, deteksi asap rokok, deteksi gempa bumi, deteksi getaran, pintu otomatis, on/off otomatis lampu dengan flame sensor, sistem deteksi helm, monitoring suhu dan kualitas udara, deteksi masker multiwajah, dan masih banyak lagi.

Melihat animo yang tinggi inilah yang kemudian membuat jurusan Teknik Komputer di tahun mendatang bersemangat dan akan terus mengikuti kegiatan EduFest ini dengan lebih banyak produk yang dihasilkan, insyaallah….

Semoga ini menjadi langkah sukses Jurusan Teknik Komputer untuk mengenalkan proses pembelajaran dan mutu mahasiswa, serta sekaligus sebagai sarana promosi kepada seluruh civitas akademika UBT dan kepada masyarakat umum.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Tekom Ubt (@ce.ubt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + seventeen =