Rabu, 7 Desember 2023 bertempat di UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) Dome dilangsungkan acara Rapat Kerja Nasional Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer yang dihadiri oleh Institusi dan Prodi yang berafiliasi dengan bidang Informatika dan Komputer tidak terkecuali jurusan/prodi Teknik Komputer Universitas Borneo Tarakan. Acara ini berlangsung selama 3 hari yakni dari tanggal 7 s.d 9 Desember 2023 dengan mengusung tema “Empowering Education and Research on Artificial Intelligence for Improving National Competitiveness”. Untuk¬† jurusan/prodi Teknik Komputer UBT ini sendiri pada acara rakornas diwakili oleh Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom., selaku Sekretaris Jurusan Teknik Komputer dan Awang Pradana, S.Kom., M.Kom., selaku Kepala Laboratorium Sistem Informasi dan Komputasi Cerdas.

MoU antara UBT dengan LSP Informatika
MoU antara UBT dengan LSP Informatika

Pada acara rakornas tahun ini terdapat tiga kegiatan utama yakni International Conference ICIC 2023, Seminar Nasional SEMNATIK 2023, dan Rakornas APTIKOM.  Dimana perwakilan Jurusan Teknik Komputer UBT untuk tahun ini hanya mengikuti Rakornas APTIKOM saja. Meskipun begitu, banyak sekali sub kegiatan yang dilaksanakan dan diikuti selama rakornas berlangsung, diantaranya: Peluncuran Buku Kurikulum Standar APTIKOM berbasis OBE (Outcome-Based Education), Sharing dari Pembina APTIKOM (Peta Okupasi dan SKKNI bidang TIK), Sharing Industry (Oracle Academy, AMD, Altissia Platform, Huawei, Bank DKI, Biznet East, Equnix Business Solutions, Jamitu.Id) dan Sharing Government (Pusdatin Kemensos), serta berbagai klinik yaitu Klinik SPMI, Klinik Publikasi, Klinik Kurikulum, Klinik Roadmap Penelitian, Klinik Hibah Bersaing dan Klinik LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi).

Berfoto bersama Prof Joko Lianto, Assesor LAM Infokom sekaligus Dosen kami di ITS
Berfoto bersama dengan Prof Agus Zainal Arifin, Narasumber/Ketua Pusdatin sekaligus Dosen Pembimbing Tesis Bapak Arif Fadllullah

Bahkan prodi Teknik Komputer UBT selama kegiatan berlangsung mendapatkan banyak oleh-oleh, diantaranya: sharing dan diskusi dengan Industri dan Pemerintahan, materi dan diskusi selama mengikuti klinik, dan berhasil melaksanakan MoU dengan LSP Informatika, dimana penandatanganan MoU ini dilaksanakan antara Rektor UBT dengan Ketua LSP Informasi yang dalam hal ini Rektor UBT diwakili oleh Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom. selaku Sekretaris Jurusan Teknik Komputer UBT dengan Muhaemin, S.Kom., S.H., M.Kom. selaku Ketua LSP Informatika. MoU ini menjadi tonggak awal Jurusan Teknik Komputer UBT menuju UBT BLU (Badan Layanan Umum) untuk mengarahkan kurikulumnya berbasis OBE dan industri, serta memberikan kesempatan kepada dosen di lingkungan Jurusan Teknik Komputer UBT untuk menjadi Profesional Trainer sekaligus dapat membuka pelatihan bidang Informatika dan Komputer bersertifikat nasional BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) di lingkungan Jurusan Teknik Komputer UBT yang dapat diikuti oleh Mahasiswa Teknik Komputer maupun masyarakat umum. Di hari terakhir, sebelum penutupan diadakan rapat kerja menentukan langkah strategis APTIKOM di Tahun 2024 baik di tingkat Nasional maupun di masing-masing provinsi, termasuk menyelesaikan standar kurikulum OBE untuk S1 Sistem/Teknik Komputer dan pemilihan tempat rakornas APTIKOM 2024 yang disepakati akan berlangsunf di Medan.

Mudah-mudahan kegiatan Rakornas APTIKOM Tahun 2023 ini memiliki manfaat bagi Jurusan/Prodi Teknik Komputer UBT dan bersiap-siap untuk mengikuti Rakornas APTIKOM Tahun 2024 yang direncanakan berlangsung di Medan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − twenty =