Tarakan-Pada tanggal 27 hingga 30 Maret 2024, Google Developer Student Club (GDSC) Universitas Borneo Tarakan (GDSC-UBT) yang merupakan ormawa study club berbasis komunitas yang ada Jurusan Teknik Komputer berhasil menggelar event inovatif bertajuk “Coding & Chill: Ngabuburit Edition“. Event ini berhasil menyatukan semangat ngabuburit dengan kegembiraan belajar coding, Flutter Multiplatform programming, dan sesi pembelajaran intensif yang memikat. Diadakan di tengah bulan Ramadan, kegiatan ini menawarkan cara yang unik dan produktif untuk menunggu waktu berbuka puasa, melibatkan mahasiswa dan mahasiswi dengan antusiasme yang luar biasa.

Berlangsung di Gedung SBSN lantai 1, LabKom 5, di jl. Gunung Amal, Tarakan, 77123, Universitas Borneo Tarakan, event ini membuka pintunya bagi siapa saja yang ingin merasakan pengalaman ngabuburit yang berbeda. Peserta diajak untuk merasakan kombinasi sempurna antara relaksasi dan peningkatan keterampilan teknis. Setiap hari dari Rabu hingga Sabtu, dipenuhi dengan agenda menarik yang dirancang untuk memaksimalkan pembelajaran dan keaktifan peserta.

Berikut adalah beberapa sorotan dari event ini:

Lokasi:

Gedung SBSN lt.1, Lab Kom 5, jl. Gunung Amal, Tarakan, 77123, Universitas Borneo Tarakan.

Agenda Harian:

  • Rabu: Pengenalan tentang Flutter dan Dart. Sesi ini membahas dasar-dasar Flutter, sebuah framework dari Google yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi nativ di Android dan iOS menggunakan satu basis kode.
  • Kamis: Pembelajaran lebih lanjut tentang Flutter Multiplatform. Peserta mendapatkan pengetahuan mendalam tentang bagaimana Flutter bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi di berbagai platform dengan efisiensi tinggi.
  • Jumat: Tahap deployment aplikasi Flutter. Pada hari ini, peserta diajari cara merilis aplikasi mereka ke berbagai platform, memastikan bahwa aplikasi siap digunakan oleh publik.
  • Sabtu: Kegiatan penutup dan diskusi. Sesi ini mencakup refleksi atas pembelajaran yang didapat, serta diskusi terbuka mengenai tantangan dan peluang dalam pengembangan setiap aplikasi.

Pembicara dan Trainer:

  1. Ayyub Iqbal Trenggono: Juara pertama Olimpiade Kesehatan Nasional dan seorang Flutter Engineer yang membagikan pengalamannya dalam mengembangkan aplikasi kesehatan dengan Flutter.
  2. Farrel Al Gibran Anhar: Juara pertama Olimpiade Sains Nasional dan seorang UI/UX Designer yang berbagi tips dan trik tentang desain antarmuka pengguna yang menarik dan intuitif.
Kak Ayyub dan Kak Farrel Sebagai Pemateri

Moderator dan Fasilitator:

  • Dimas Wiranata: Ketua Divisi Riset dan Teknologi Penelitian HMTK Universitas Borneo Tarakan, yang juga menjabat sebagai Event Coordinator GDSC Universitas Borneo Tarakan sebagai moderator pertama.
  • Bisma Baghas Waluyo: Co-Lead GDSC Universitas Borneo Tarakan, sebagai moderator kedua yang turut memfasilitasi jalannya event dengan penuh semangat.
  • Irdan Ramadhani: Technical Lead GDSC Universitas Borneo Tarakan, sebagai yang merancang kurikulum training.
  • Alfanda Febe Valentcya Suganda: Outreach and Collaboration GDSC Universitas Borneo Tarakan, berhasil menggaet berbagai macam pihak untuk bekerjasama dan mensponsori event ini.

Serta para CoreTeam yang turut aktif dalam membantu suksesnya event ini:
– Rega Rizkan Azizan: Lead GDSC Universitas Borneo Tarakan.
– Agung Gunawan: Community Engagement GDSC Universitas Borneo Tarakan.
– Arjuna Pramudya: Community Engagement GDSC Universitas Borneo Tarakan.
– Moch. Gilang Elang Perkasa: Media and Design GDSC Universitas Borneo Tarakan.
– Jabir Anshari: Media and Design GDSC Universitas Borneo Tarakan.
– Senia Rombe Pabuntang: Marketing and Public Relations GDSC Universitas Borneo Tarakan.
– Putri Maimunah: Marketing and Public Relations GDSC Universitas Borneo Tarakan.

Kerjasama dengan Partner:
– Nurul Ilmi: Masjid Kampus, Universitas Borneo Tarakan.
– CE-UBT: Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan.
– IDN Mengajar: Yang membantu menghadirkan pemateri dari Solo.

Keberhasilan eventini tidak lepas dari kerja sama yang solid dan semangat dari semua pihak yang terlibat. Terima kasih yang sebesar-besarnya disampaikan kepada para peserta, pembicara, dan seluruh kontributor yang telah membuat event ini berjalan dengan lancar dan inspiratif. EventCoding & Chill: Ngabuburit Edition” diharapkan dapat terus berlanjut serta menjadi inspirasi bagi banyak orang dan memotivasi lebih banyak lagi generasi muda untuk berkecimpung dalam dunia teknologi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai event ini dan kegiatan lainnya, Anda dapat mengunjungi halaman GDSC Universitas Borneo Tarakan.

Berikut adalah dokumentasi foto saat kegiatan berlangsung:

Sampai jumpa di event selanjutnyaaa!! 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =