Rabu, 22 Mei 2024 bertempat di Gedung SBSN Lt. 1 Universitas Borneo Tarakan, Jurusan Teknik Komputer ikut serta dalam kegiatan pameran EduFest#2 yang diselenggarakan oleh LPPPM UBT. Pameran ini menghadirkan produk dan karya hasil dari berbagai matakuliah dari seluruh jurusan/prodi UBT yang menerapkan pembelajaran dengan metode case method maupun PjBL (project based learning), tidak terkecuali jurusan Teknik Komputer. Pada EduFest#2 lagi-lagi jurusan Teknik Komputer menjadi peserta matakuliah terbanyak yang ikut dalam pameran karya ini  dengan output yang beragam baik itu aplikasi, alat, dan sistem komputer. Pada edisi kedua ini, produk/karya hasil matakuliah yang dipamerkan Jurusan Teknik Komputer berasal dari matakuliah:

  1. Matakuliah Multimedia dan Grafika Komputer yang diampu oleh Awang Pradana, S.Kom., M.Kom.
  2. Matakuliah Sistem Tertanam yang diampu oleh Dedy Harto, S.T., M.T.
  3. Matakuliah Pengolahan Citra Digital dan Pemrograman Web Lanjut yang diampu oleh Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom.
  4. Matakuliah Sistem Manajamen Basis Data yang diampu oleh Awang Pradana, S.Kom., M.Kom., dan Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom.
  5. Matakuliah Pemrograman Perangkat Bergerak yang diampu oleh Kharis Hudaiby Hanif, S.Pd., M.Kom., dan Awang Pradana, S.Kom., M.Kom.

Produk dari matakuliah diatas inilah yang kemudian dipamerkan dalam acara EduFest#2 dan mendapat sambutan yang sangat meriah dari para pengunjung. Banyak dari kalangan mahasiswa dan dosen dari luar jurusan Teknik Komputer datang berkunjung ke stand Jurusan Teknik Komputer untuk melihat-lihat berbagai inovasi dan produk karya yang telah dihasilkan oleh Mahasiswa Teknik Komputer. Karya-karya yang dipamerkan diantaranya: 1) aplikasi desktop, 2) web, dan 3) mobile, 4) aplikasi game, 5) sistem kontroler dan tertanam, 6) sistem deteksi dan segmentasi berbasis image processing, dan 7) video trailler dengan berbagai tema dan studi kasus tertentu.  Bahkan stand video trailler hasil produk matakuliah Multimedia ramai dikunjungi para peserta yang penasaran ingin menonton karya video hasil mahasiswa Teknik Komputer, terlebih di stand ini memang diatur seperti mini bioskop yang unik dan kreatif.

Tingginya animo pengunjung untuk datang ke stand pameran Teknik Komputer tentu membuat bangga jurusan, khususnya kebanggaan bagi mahasiswa yang karya/produk-nya ditampilkan dalam pameran maupun bagi dosen yang bersusah payah memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam pembuatan karya/produk tersebut.

Semoga ini menjadi langkah konsisten Jurusan Teknik Komputer untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang ada di jurusan dan sekaligus sebagai sarana promosi kepada seluruh civitas akademika UBT dan kepada masyarakat umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + 20 =