Sabtu, 4 Desember 2021, Jurusan Teknik Komputer melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di daerah Pelabuhan Tengkayu II, tepatnya di daerah pemilahan udang. Pengabdian kali ini dalam rangka melakukan serah terima alat kontrol suhu udang berbasis IoT (Internet of Things). Hadir dalam pengabdian ini adalah Mulyadi, S.T., M.T. selaku ketua jurusan Teknik Komputer bersama dengan Awang Pradana, S.Kom., M.Kom. dan Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom selaku perwakilan dosen, termasuk juga beberapa mahasiswa teknik komputer yang turut serta menghadiri serah terima peralatan.



Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud nyata pengabdian yang dilakukan oleh Jurusan Teknik Komputer yang bisa  berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat. Alat kontrol suhu udang berbasis IoT ini dikembangkan dengan maksud untuk memberikan kemudahan bagi para pengusaha udang untuk dapat memantau suhu pada box tempat penyimpanan udang. Dalam hal ini yang menjadi pengembang adalah Rika Wahyuni Arsianti, S.T., M.T., Mulyadi, S.T., M.T., dan tim mahasiswa.

Secara konvensional biasanya pengecekan suhu box tempat penyimpanan udang dilakukan secara manual. Akan tetapi, dengan menggunakan alat ini, pengguna dapat memantaunya tanpa perlu ke tempat penyimpanan udang secara langsung, karena alat yang dikembangkan sudah berbasis wireless dengan daya jangkau yang tinggi. Selain itu, alat ini juga mampu suhu berbasis smartphone android secara live, serta mampu mengaktifkan keran untuk mengalirkan air dingin secara otomatis jika ternyata suhu dalam box udang naik.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Ketua Jurusan Teknik Komputer dan dari pengusaha udang. Kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi alat oleh tim pengembang dan tanya jawab seputar alat kepada mahasiswa teknik komputer agar mereka memperoleh pengetahuan tambahan. Terlebih mahasiswa teknik komputer yang diajak merupakan mahasiswa baru dan masih belum memiliki pengetahuan seputar perangkat digital dan IoT. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini juga dapat memotivasi dan memacu semangat mahasiswa teknik komputer yang serupa bahkan melampaui alat yang dikembangkan ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − six =