KSN kepanjangan dari Kompetisi Sains Nasional merupakan ajang Kompetisi Sains bagi pelajar SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional. Pelaksanannya dilakukan secara berjenjang dari tingkat kota, provinsi, nasional, dan internasional. Tujuan diselenggarakannya KSN adalah dapat meningkatkan mutu peserta didik dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mendukung tercapainya pemerataan prestasi. Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pemerataan prestasi, kompetisi sains telah memiliki posisi khusus di berbagai ajang bergengsi di kancah internasional dalam penguasaan bidang sains dan teknologi Melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang, diharapkan dapat membangun ruang untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan tercapainya puncak potensi terbaik.

Baru-baru ini Kota Tarakan telah melaksanakan KSN tingkat kota, yang mana beberapa siswa SMAN 3 Tarakan berhasil untuk menjuarai KSN tingkat Kota untuk bidang Kebumian, Geografi, Fisika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, dan Informatika. Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah, karena cukup banyak siswa SMAN 3 Tarakan yang lolos KSN. Agar para siswa yang telah lolos KSN tingkat kota dapat mampu bersaing di tingkat Provinsi, maka SMAN 3 Tarakan bekerja sama dengan UBT mengadakan pelatihan persiapan KSN untuk ke tingkat Provinsi.

Ada lima dosen dari UBT yang ditunjuk menjadi instrukstur pelatihan. Tiga diantaranya dari Fakultas Teknik, yaitu Hadi Santoso, S.Pd., M.Si untuk pengajar bidang Fisika dan Astronomi, Rahmat Faizal, S.Pd., M.Sc. untuk pengajar bidang Kebumian dan Geografi, dan Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom. untuk pengajar bidang Informatika. Mereka memberikan pelatihan selama 10 sesi di SMAN 3 Tarakan. Pelatihan berisi tentang materi, latihan soal, dan pembahasan soal-soal KSN tingkat Provinsi tahun lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + three =