Kamis, 11 Agustus 2022, bertempat di Swiss BelHotel Kota Tarakan, Kalimantan Utara dilaksanakan kegiatan FGA Goes To Tarakan oleh Tim FGA-DTS (Fresh Graduate Academy-Digital Talent Scholarship) Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Boneo Tarakan sebagai salah satu Mitra PT wilayah Kalimantan Utara.

Kegiatan ini diselenggarakan pada pukul 08.00 s.d 12.00 WITA dengan agenda sharing tentang akan segera diadakannya pelatihan FGA-DTS Batch 4 yang terdiri dari berbagai jenis Tema Bidang Teknologi Informasi yang sedang “in” update saat ini dan bisa dipilih untuk diikuti secara gratis bagi para lulusan Fresh Graduate atau mahasiswa tingkat akhir (diatas semester 5) dari berbagai jurusan bidang STEM (Science, Technology, Engineering dan Math).

Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan sebagai salah satu mitra PT wilayah Kalimantan Utara yang pada tahun ini telah memasuki tahun ketiga kerjasama dalam FGA-DTA juga diundang dalam acara ini. Hadir dalam acara ini mewakili Fakultas Teknik adalah Rudy, S.T., M.T. selaku PIC FGA UBT, Awang Pradana selaku perwakilan pengajar FGA dari Teknik Komputer UBT, dan Mulyadi, S.T., M.T. selaku Ketua Jurusan Teknik Komputer yang sekaligus memberikan sambutan pertama yang kemudian dilanjut dengan sambutan dari Kominfo yang dalam hal ini diwakili oleh Drs. Irbar Samekto, M.Si selaku Kepala BBPSDMP Medan.

Ketua Jurusan Teknik Komputer memberikan Sambutan Acara

Dalam sambutannya oleh Ketua Jurusan Teknik Komputer, Jurusan Teknik Komputer berkomitmen untuk menyukseskan kegiatan FGA Goes To Tarakan ini. Ini terbukti bahwa Fakultas Teknik melalui Jurusan Teknik Komputer ikut terlibat melakukan promosi kepada lulusan fresh graduate dan mahasiswa tingkat akhir pada seluruh prodi di lingkungan UBT dan prodi-prodi bidang STEM di luar prodi dan institusi, termasuk pada institusi yang ada di Kaltara seperti STMIK PPKIA, Politeknik Bisnis Kaltara, dan Politeknik Malinau. Alhasil ada sekitar 150 lebih peserta yang antusias mengikuti kegiatan FGA Goes To Tarakan, yang sebelumnya hanya direncanakan 100 peserta. Selain itu, komitmen jurusan sebagai mitra pengajar PT terus dilaksanakan dengan baik. Tercatat bahwa pada tahun kedua Jurusan Teknik Komputer hanya dapat mengajar untuk satu tema. Akan tetapi pada tahun ini (tahun ketiga), Jurusan Teknik Komputer mampu mengajar untuk dua tema yaitu Microsoft Azure for Beginner (Microsoft Learn) dan Database Design & Database Programming with SQL (Oracle Academy) untuk para lulusan fresh graduate dan mahasiswa tingkat akhir dari berbagai universitas di wilayah timur Indonesia.

Tercatat beberapa lulusan/mahasiswa tingkat akhir dari beberapa institusi dalan dua tahun ini seperti Universitas Palangkaraya, Politeknik Balikpapan, Universitas Nusa Cendana, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Cokroaminoto Palopo, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Teknologi Sumbawa, Universitas Udayana, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Islam Negeri Mataram, Universitas Dipa Makassar, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Universitas Tomakaka, Universitas Telkom dan Universitas Negeri Manado hadir mengikuti pelatihan yang dimentoring oleh pengajar dari Jurusan Teknik Komputer, Fakultas Teknik Universitas Borneo Tarakan. Meskipun Jurusan Teknik Komputer ini sendiri sebenarnya merupakan jurusan baru yang baru memiliki 1 angkatan. 

Ke depan karena mahasiswa Teknik Komputer UBT telah memasuki semester 5, maka dari Jurusan akan menjadikan FGA sebagai salah satu program wajib yang harus diikuti mahasiswa Teknik Komputer UBT dalam rangka bagian dari program MBKM (Merdeka Belajar – Kurikulum Merdeka).

Selanjutnya pada acara inti, para peserta kemudian diajak berdiskusi dan tanya jawab untuk mengetahui apa saja tema yang dibuka, siapa saja pengajarnya, dan benefit apa yang diperoleh setelah mengikuti pelatihan. Perlu diketahui untuk FGA-DTS Batch 4, pengajarnya berasal dari mitra Glotech (Global Technology) handal dan berkompeten yang bekerja sama dengan Tim FGA-DTS (Fresh Graduate Academy-Digital Talent Scholarship) Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo. Selain itu, luaran pelatihannya adalah para peserta mendapatkan certificate of completion skala nasional yang dikeluarkan oleh Kominto serta diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi dalam mendapatkan sertifikat global yang diakui secara profesi/industri tingkat internasional. Ditambah dengan diberikannya kesempatan bagi para peserta yang berprestasi untuk direkomendasikan masuk dan bekerja pada perusahaan/industri bidang TI yang tergabung dalam aplikasi simonas kominfo (simonas.kominfo.go.id).

Tanya Jawab oleh Dosen Politeknik Bisnis Kaltara kepada Tim FGA-DTS

Selain itu, dilaksanakan juga tutorial daftar bareng FGA Batch 4 oleh Tim FGA, termasuk ada kuis dan pembagian merchandise di akhir sesi yang membuat para peserta semakin antusias untuk mengikuti sosialisasi ini hingga berakhirnya acara. Terakhir, rangkaian kegiatan ini ditutup degan sesi foto bersama.

Pembagian Merchandise oleh FGA-DTS Kominfo yang diwakili oleh Ketua Jurusan Teknik Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =