Sebagai Program Studi S1 Teknik Komputer, Fakultas Teknik UBT yang baru meraih akreditasi BAIK pada tanggal 12 Februari 2022, melalui Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor: 964/SK/BAN-PT/PB-PS/S/II/2022 . Tentu ini menjadi penanda bahwa prodi Teknik Komputer masih sangat belia dari segi umur. Akan tetapi, umur yang belia ini bukan menjadi penghalang prodi Teknik Komputer untuk terus berprestasi dan memberikan sumbangsih keilmuan rekayasa komputer di wilayah Kaltara dan Nasional.

Melalui Dosen dan Mahasiswa prodi Teknik Komputer, tercatat ada beberapa tri dharma, kerjasama dan prestasi yang telah diraih selama tahun 2022 ini, diantaranya:

  1. Jurusan melalui HMTK FT-UBT berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengabdian, proyek kemanusiaan, dan bakti sosial. Tercatat HTMK telah melakukan kegiatan bakti sosial, berbagi ceria dengan anak Panti Asuhan Putra Ahmad Dahlan Tarakan. Link berita: klik disini.
  2. Jurusan menyediakan dana hibah penelitian dan pengabdian untuk Dosen dan Mahasiswa Teknik Komputer UBT, sehingga pada tahun kedua ini mengalami peningkatan yakni ada sekitar 6 judul artikel penelitian terbit dan 6 judul pengabdian yang telah dilaksanakan disepanjang tahun 2022 ini.
  3. Empat orang dosen Teknik Komputer atas nama Mulyadi, S.T., M.T., Rika Wahyuni Arsianti, S.T., M.T., Awang Pradana, S.Kom., M.Kom., dan Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom lolos hibah pendanaan RKD (Riset Kompetensi Dosen) tingkat Universitas.
  4. Dua Judul PKM dari Mahasiswa Teknik Komputer Lolos Seleksi Tingkat Universitas, yaitu pada kategori PKM-PM dengan judul: “Strategi Mengoptimalkan Google Classroom sebagai E-Learning Interaktif bagi Guru-guru SMPN 10 Tarakan” dengan ketua tim Putri Ananda Rhamadani dan dosen pembimbing Dedy Harto, S.T., M.T., dan pada kategori PKM-KC dengan judul: “Sistem Layanan Konseling dalam Mengatasi Problematika Berbasis IT di Era Digital” dengan ketua tim Joni dan dosen pembimbing Rudy, S.T., M.T. Link berita: klik disini.
  5. Menteri Mendikbudristek, Nadiem Makarim berkunjung ke Laboratorium Teknik Komputer. Link berita: klik disini.
  6. Mahasiswa Teknik Komputer atas nama Putri Ananda Rhamadani lolos seleksi KN-MIPA Bidang Ilmu Biologi  Tingkat Universitas. Link berita: klik disini.
  7. Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom. selaku dosen Teknik Komputer terpilih menjadi DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) KKN tingkat universitas. Link berita: klik disini.
  8. Empat mahasiswa Teknik Komputer UBT yang juga merupakan pengurus HMTK Teknik Komputer UBT, atas nama Annida Zakkiah Az-Zahra (Ketua Umum HMTK FT-UBT), Fitria Sulistiany, Muhammad Rizky, Ridho Kurniawan, dan Armando Dewantoro berangkat untuk mewakili HMTK FT-UBT dalam kegiatan “MUSYAWARAH WILAYAH KE-IV PERMIKOMNAS KALIMANTAN” dengan tema “Mencetak Persatuan Dalam Semangat Kekeluargaan Menuju Gerbang Musyawarah Tumbuhkan Solidaritas Menuju Organisasi yang Demokratis“. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2022 – 31 Juli 2022 di Politeknik Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Link berita: klik disini.
  9. Jurusan Teknik Komputer melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul: “Workshop Pengelolaan Website Desa Sebagai Layanan Informasi dan Promosi Potensi Desa“. Link berita: klik disini.
  10. Sharing Session antara Ketua Jurusan Teknik Komputer UBT dengan Ketua Prodi Sarjana Teknik Komputer UB Malang, Jawa Timur. Link berita: klik disini.
  11. Jurusan Teknik Komputer melalui Fakultas Teknik UBT dipercaya menjadi Pelaksana FGA-DTS Menkominfo Batch 3 untuk Dua Tema Pelatihan Tingkat Nasional, yaitu: Microsoft Azure for Beginner (Azure Fundamentals + Data Fundamentals + AI Fundamentals) dengan instrukturnya adalah Awang Pradana, S.Kom., M.Kom. dan Rudy, S.T., M.T. dan Database Design & Programming with SQL dengan instrukturnya adalah Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom. Kegiatan ini berlangsung secara daring selama hampir 7 minggu dari tanggal 11 Juli s/d 26 Agustus 2022. Kegiatan ini akan diikuti oleh sebanyak 49 fresh graduate ataupun mahasiswa tingkat akhir program studi bidang sains dan komputer dari berbagai universitas dan politeknik di wilayah Timur Indonesia. Link berita: klik disini.
  12. Jurusan Teknik Komputer bekerja sama dengan Tim FGA-DTS (Fresh Graduate Academy-Digital Talent Scholarship) Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo mengadakan kegiatan sosialisasi bertajuk FGA Goes To Tarakan. Link berita: klik disini.
  13. Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom., dipercaya untuk menjadi instruktur pelatihan persiapan KSN Tingkat Provinsi untuk Siswa SMAN 3 Tarakan. Link berita: klik disini.
  14. Bertempat di Ruang LP3M Lantai 2 Gedung laboratorium Terpadu SBSN. Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer Fakultas Teknik UBT mengadakan kegiatan Computrain : Introduction to Windows dengan tema “Meningkatkan Pengetahuan Serta Skill Teknis Mahasiswa Teknik Komputer Dalam Pengoperasian Sistem Operasi Windows”. Link berita: klik disini.
  15. Mahasiswa Teknik Komputer, atas nama Gusti Anugerah Mahardika sukses meraih Juara 1 dalam Kejuaraan Bola Voli  Putra Junior U-19 UPUN TAKA CUP 2022 Tingkat Provinsi Kalimantan Utara. Link berita: klik disini.
  16. Dosen Teknik Komputer atas nama Rudy, S.T., M.T. dan Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom. dipercaya menjadi Juri dalam Lomba LKS SMK Bidang IT Network System Administration Tk. Provinsi Kaltara. Link berita: klik disini.
  17. Prodi Teknik Komputer bekerja sama dengan LPPPM UBT telah melaksanakan Audit Mutu Internal yang berlangsung Lancar dan Sukses. Link berita: klik disini.
  18. Mahasiswi Teknik Komputer atas nama Devi Sarmilah Chomariah terpilih Mewakili UBT dalam Ajang Finalis Lomba Paduan Suara Mahasiswa Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenda Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Link berita: klik disini.
  19. Tiga orang mahasiswa Teknik Komputer, atas nama: Bisma Baghas Waluyo, Alfanda Febe Valentcya Suganda, dan Rega Rizkan Azizan yang berhasil lolos seleksi mewakili Universitas Borneo Tarakan untuk mengikuti kegiatan Bali Fab Fest 2022 yang bertempat di Jimbaran Hub, Bali dari tanggal 12 s.d 20 Oktober 2022. Link berita: klik disini.
  20. Mahasiswi Teknik Komputer atas nama Brigita yang tergabung dalam Tim Bola Voli UBT sukses menjadi Juara 4 dalam Turnamen KKH Cup Tahun 2022, yaitu turnamen bola voli yang diikut oleh instansi dan swasta sekota Tarakan. Link berita: klik disini.
  21. Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer sukses menyelenggarakan peringatan hari lahir himpunan mahasiswa Teknik Komputer yang ke-1 Tahun, termasuk sukses menyelenggarakan event lomba Mobile Legend tingkat Kota Tarakan. Link berita: klik disini dan disini.
  22. Beberapa dosen Teknik Komputer masuk ke dalam kepengurusan APTIKOM provinsi Kalimantan Utara periode Tahun 2023-2026, diantaranya: Mulyadi, S.T., M.T. selaku Wakil Ketua I; Rudy , S.T., M.T. selaku Sekretaris Bidang Akademik, Keilmuan dan Inovasi; Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom. selaku Sekretaris Bidang Kurikulum, Akreditasi dan Sertifikasi; Awang Pradana, S.Kom., M.Kom. selaku Sekretaris Bidang Organisasi, Humas dan Kerjasama; Dedy Harto, S.T., M.T. dan Rika Wahyuni Arsianti, S.T., M.T selaku Anggota Bidang Penelitian, PPM dan Publikasi. Link SK: SK. 061 PENETAPAN KEPENGURUSAN APTIKOM PROVINSI KALIMANTAN UTARA.
  23. Tim PKM-W Prodi S1 Teknik Komputer yang beranggotakan Muhammad Iwan Putra Pratama, Muhammad Azman, Rosmiati, Silvia Nur Anggraini, dan Dimas di bawah bimbingan Bapak Arif Fadllullah, S.Pd., M.Kom. dengan judul PKM-W: “Pengembangan Usaha D&V Photography sebagai Upaya Menciptakan Penghasilan Mandiri Mahasiswa” sukses memperoleh hibah pendanaan PKM-W UBT tahun 2022. Link berita: klik disini.
  24. Mahasiswa Teknik Komputer atas nama Muhammad Akmaluddin sukses meraih Juara 1 Medali Emas Cabang Olahraga Futsal U21 (Kategori umur 21) dalam Kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) I Kalimantan Utara Tahun 2022. Link berita: klik disini.
  25. Mahasiswa Teknik Komputer atas nama Armando Dewantoro sukses meraih Juara 2 Medali Perak Cabang Catur Kilat Beregu dalam Kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) I Kalimantan Utara Tahun 2022. Link berita: klik disini.
  26. Jurusan memfasilitasi ruang bagi mahasiswa untuk segera membentuk pengurus HMTK FT-UBT (Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer) yang baru dengan Muhammad Rizky yang terpilih sebagai Ketua himpunan periode tahun 2023. Link berita: klik disini.

Sukses terus untuk seluruh civitas akademika Program Studi S1 Teknik Komputer, semoga di tahun 2023 bisa lebih baik dan bisa lebih berprestasi lagi, insyaallah..aamiin ya robbal alaamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + two =